Anies Baswedan, Reklamasi Ahok, dan Pilpres - AIMAN


Upload :
Channel  : KOMPASTV
Duration : 1.00.18
19.654   222   40


Pekan lalu (26/9), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmi mencabut izin seluruh proyek reklamasi. Penghentian ini terdengar sejak janji Anies saat ajang debat pilkada DKI Jakarta tahun lalu. Setelah resmi menjadi Gubernur, akhir 2017 lalu Pemprov DKI pun membentuk rancangan peraturan daerah. Peraturan yang mengatur rencana zonasi dan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Peraturan ini menata kembali sekaligus mengawasi pelaksanaannya. Proyek Reklamasi kini sudah berdiri 4 pulau (C,D,G,N). Pulau C dan D milik grup Agung Sedayu, Pulau G milik Agung Podomoro, sementara Pulau N, milik Pelindo II, di kawasan Tanjung Priok untuk bongkar muat. Sisanya ke-13 pulau lainnya, dipastikan tidak akan dibangun.

Penghentian reklamasi menyisakan tanya. Triliunan rupiah uang milik pengembang reklamasi telah diberikan ke Pemprov DKI Jakarta saat mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjabat. Uang yang disebut sebagai "kontribusi tambahan" untuk memperoleh izin reklamasi. Meski keputusan pencabutan izin proyek reklamasi menuai pro dan kontra, Gubernur Anies siap menanggung risiko apapun atas sejumlah pihak yang merasa dirugikan triliunan rupiah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjawab pertanyaan yang berkembang di masyarakat dalam wawancara khususnya dengan jurnalis senior KompasTV, Aiman Witjaksono. Anies mengungkapkan akan selalu tegas terhadap siapapun yang melanggar aturan dan hukum. Tidak hanya terkait proyek reklamasi yang dihentikan, Aiman juga bertanya gempita media sosial menjelang pilpres 2019. Bagaimana ia menjawab pindah haluannya dimana calon pada dua pemilu 2014 dan 2019 sama, namun pilihannya kini berbeda.

Saksikan program AIMAN dalam episode "Anies, Reklamasi Ahok, & Pilpres" yang tayang, Senin 1 Oktober 2018 pukul 20.00 WIB di KompasTV.

Comments

Download Links

    Fast Download




AD Code

For Mobile And PC


AD Code

For Mobile And PC